Published 2022-06-30
Keywords
- Pendidikan Multikultural, Perspektif Al-Qur’an, QS. Al-Hujurat ayat 9-13
Abstract
Penelitian ini dilaksnakan untuk membahas mengenai; 1) nilai-nilai pendidikan multicultural yang
terdapat pada QS.al-hujurat ayat 9-13, 2) serta bagaimana cara mengimplementasi pendidikan multicultural
yang sesuai dengan pendidikan islam. Penelitian disini menggunakan jenis penelitian kepustakaan sedangkan
dalam membahas konflik yang akan dibahas menggunakan metode tafsir maudlu'I dan menggunakan teori
pendekatan pendidikan multicultural, sehingga akhirnya penelitian ini menginformasikan bahwa pendidikan
multikultural adalah pendidikan yang bentul-betul memiliki keberagaman dalam beragam suku, ras, agama
yang mana semuanya berhak mendapatkan yang hak sama. Sebagimana Al-Qur'an telah menyatakan
bahwasannya orang yang bertakwalah yang muliah disisi Allah Swt. dalam Al-Qur’an juga melarang untuk tidak
berbuat jahat atau bermusuhan karna akan membuat perselisihan, sebab itu harus mengedepankan prinsip
prinsip dasar toleransi sosial. Dalam QS. al-Hujurat yang mana dari ayat 9-13, mengandung Nilai-nilai
multikulturalisme yakni; kita harus memupuk sifat kekeluargaan meskipun berbeda, sikap Menghargai dan
Menghormati, Menjauhi sikap prasangka, dan memiliki sikap Terbuka, harus Menumbuhkan sikap Inklusivitas,
menciptakan sikap toleransi, dan harus selalu menaikkan keimanan pada Allah Swt, sehingga sikap
multikulturar dalam dunia pendidikan dapat dihadirkan melalui mata pelajaran pendidikan agama dan
pendidikan kewarganegaraan dalam mata pelajaran sekolah sehingga dapat mencipkan generasi yang memiliki
sikap yang multicultural.